Bagaimana Cara Youtuber Mendapatkan Uang

Pertanyaan menarik, bagaimana cara youtuber mendapatkan uang? Nah di dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara youtuber mendapatkan uang. Saat ini, semua orang ingin menjadi Youtuber, dari mulai anak kecil, remaja, orang dewasa, bahkan ibu ibu sampai orang tua. Mulai dari yang tidak bekerja, punya hobi, pekerjaan unik sampai artis televisi pun ingin terkenal di Youtube. Alasannya sederhana, karena sekarang ini orang lebih banyak menonton Youtube daripada menonton tv.

penghasilan youtuber

Bisa dibilang, Youtube adalah jalan pintas untuk menjadi terkenal, dan gratis. Asalkan Anda mau upload video setiap hari dan bisa membuat konten yang menarik atau memiliki pemirsa setia yang menyukai konten Anda, Anda sudah punya penggemar. Kalau mau jadi artis di tv itu susahnya bukan main, bahkan artis yang sudah bertahun tahun main sinetron atau jadi penyanyi pun belum tentu dapat job setiap hari atau kebagian job dengan bayaran cukup besar.

Lucunya, dengan hanya upload video di Youtube setiap hari, maka seseorang bisa langsung memiliki penggemar dan menjadi terkenal secara instan. Kalau sudah punya penggemar setia, maka seorang Youtube bisa mendapatkan penghasilan pasti setiap bulan, asalkan chanelnya tidak melanggar ketentuan.

Cara youtuber mendapatkan uang dari Youtube

Cara dapat uang dari adsense youtube

Youtuber bisa mendapatkan uang dari chanel yang ia miliki. Jika ia membuat konten yang menarik, memiliki fans setia yang dengan sendirinya video videonya akan banyak ditonton. Pada saat videonya ditonton itulah iklan dari Youtube akan muncul, yang disebut adsense. Youtuber tersebut akan dibayar berdasarkan jumlah iklan yang muncul.

Hitungan sederhananya begini, misalkan dalam satu hari videonya ditonton 1000x maka ia dibayar oleh Youtube sebesar 10 ribu rupiah. Jika dalam satu hari videonya ditonton 10.000x maka bayarannya lebih besar. Itu baru dari 1 video. Jika si Youtuber memiliki ratusan video, tinggal dihitung 100.000 x sekian jumlah video. Seperti itu kira kira cara dapat uang dari adsense Youtube.

Cara dapat uang dari endorse

Bagaimana cara Youtuber dapat uang dari endorse. Youtuber yang memiliki profesi unik, bisa mendapatkan uang tambahan dari sponsor. Salah satunya youtuber yang biasa mereview makanan, jika sudah terkenal maka ia bisa mendapatkan sponsor untuk diminta mempromosikan produk produk seputar makanan juga. Sponsor produk makanan misalnya restoran baru, bumbu masak, sampai ke minuman.

Dari tiap kali Youtuber mereview produk maka ia dibayar. Sedangkan Youtuber otomotif mendapatkan sponsor dari misalnya kaos, asesoris motor, liputan pameran mobil, dst. Pada intinya akan kembali ke prinsip dasar iklan, bahwa tujuan promosi adalah agar dilihat banyak orang. Itu belum termasuk panggilan acara offline misalnya menjadi pembicara, menjadi motivator, dan sebagainya.

Bagaimana sih cara youtube membayar Youtuber

Bagaimana sih cara youtube membayar para Youtuber? Sebetulnya Youtube sama halnya dengan tv dimana acara tv yang banyak ditonton seperti sinetron akan banyak bermunculan iklan. Pada prinsipnya, cara kerja iklan adalah mempromosikan suatu barang kepada masyarakat, dengan tujuan produk yang diklankannya akan dilihat banyak orang. Kalau Anda melewati lampu merah apalagi posisi perempatan jalan, pasti Anda akan melihat Baliho besar terpasang di sana. Kenapa? Karena arus lalu lintas di perempatan jalan lebih besar dibanding pertigaan atau jalan dua arah.

Kembali ke soal Youtube, maka saluran yang ramai ditonton akan bermunculan iklan. Nah, Youtube sendiri dibayar oleh pemasang iklan karena Youtube berfungsi sebagai media. Bedanya, memasang iklan di Youtube lebih murah daripada memasang iklan di televisi. Mari kita hitung secara kasar, misal iklan di video muncul setiap 3 menit. Dalam 1 jam berarti iklan bisa tayang 20x, maka dalam satu hari Youtube punya peluang menayangkan iklan sebanyak 480x.

Katakanlah misalnya Youtube menerapkan tarif iklan 1000 rupiah per 1x tayang, jika dikali 480 sama dengan 480 ribu rupiah perhari. Dalam 1 bulan sekitar 14 juta. Kalau Youtube membayar Youtuber misalnya 10 juta rupiah maka Youtube masih punya keuntungan 4 juta rupiah, dan itu baru dari 1 video lo. Seperti itu cara Youtube membayar Youtuber. Apalagi Youtube bisa menayangkan satu iklan yang sama pada ratusan ribu bahkan jutaan video pada waktu bersamaan. Edan kan?

Tips cara menjadi youtuber pemula

Bagaimana cara menjadi Youtuber pemula. Untuk menjadi youtuber pemula, hal yang diperlukan adalah keberanian. Jangan pikirkan soal jumlah subscriber atau jumlah view video Anda. Semua Youtuber yang sukses pada awalnya tidak tahu harus mulai darimana dan harus melakukan apa. Intinya adalah mulai aja dulu. Mulai menjadi Youtuber artinya Anda berbagi cerita hidup Anda dalam bentuk video. Jadi, Anda bisa saja merekam kebiasaan Anda, kegiatan Anda, apa yang Anda sukai, apa yang Anda pikirkan, apa yang ingin Anda sampaikan, dst.

Banyak Youtuber sukses yang kontennya hanya tentang memancing ikan, membuat renda, merekam saat ia melukis, ada juga yang isinya hanya tentang bagaimana hidupnya di negara lain, dsb. Dari situ pun Anda bisa belajar dan mengambil kesimpulan bahwa Anda bisa jadi apapun dan melakukan apapun, asalkan penonton suka dan senang. Lalu bagaimana soal perangkat? Mhm, Anda tidak akan percaya bahwa sebagian Youtuber yang sudah sukses pun hanya merekam video menggunakan smartphone, sedangkan untuk mic hanya menggunakan mic pada smartphone yang berbeda.

Nah, dari sini kita bisa mendapatkan kesimpulan yang kedua, bahwa intinya adalah mulai aja dulu. Seiring dengan berjalannya waktu, dengan semakin banyak video yang Anda buat maka Anda akan tahu mana jenis konten yang laku dan mana yang kurang peminat. Dari situ Anda bisa fokus untuk hanya membuat jenis konten yang banyak peminatnya agar jumlah view nya juga tinggi.

Cara menjadi youtuber musik

Alat musik yang paling banyak dimainkan adalah gitar dan piano. Nah, trus bagaimana kalau ingin menjadi Youtuber musik tapi nggak bisa main gitar atau piano? Nggak masalah, toh nggak ada yang maksa. Masih ada banyak alat musik lainnya yang bisa dimainkan misalnya suling, kecapi, alat pukul atau bahkan kalimba. Belum tau apa itu kalimba? Kalimba itu sejenis piano tapi alat musiknya hanya sebesar telapak tangan orang dewasa. Memang sih, jangkauan nadanya terbatas, tapi kalimba bisa digunakan untuk memainkan lagu apa saja.

Eh, kalau nggak punya alat musik pun sebetulnya Anda bisa menggunakan alat musik online. Ada banyak kok. Intinya sih yang penting bagaimana cara Anda menyajikan video agar terlihat menarik. Anda bisa saja menggunakan alat musik online, tapi karena videonya dibuat kartun jadi menarik. Jadi, kuncinya jangan terbentur oleh kendala keahlian, tapi fokuslah pada bagaimana penyajian secara keseluruhan.