Panduan Cara Membuat Akun Google My Business

Panduan lengkap cara membuat akun Google My Business. Syaa buatkan secara gratis. Baca di sini apa yang harus Anda persiapkan sebelum membuat akun. Tujuannya agar Anda tidak salah saat mengisi data tentang bisnis Anda. Saya juga menyertkana tips bagaimana cara agar profil bisnis Anda bisa muncul di Google.

Google My Business adalah profil bisnis berisi nama bisnis, alamat bisnis dan info mengenai produk/layanan bisnis Anda. Sasaran Google My Business adalah calon pelanggan yang berada di wilayah yang sama. Semakin tinggi interaksi pada profil bisnis Anda maka semakin jauh jangkauan visibilitas profi bisnis Anda.

Google My Business adalah layanan untuk pemasaran yang disediakan secara gratis oleh Google. Anda bisa mendaftar di Google My Business tanpa dikenakan biaya apapun. Dengan adanya Google My business, maka semua bisnis punya kesempatan yang sama. Bayangkan, penjual makanan kaki lima bisa mempromosikan bisnisnya sama seperti pemilik restoran. Menguntungkan, bukan?

Cara Membuat Akun Google My Business

Persiapan Membuat Akun

Sebelum mulai membuat akun Google My Business, saya menyarankan agar Anda melakukan beberapa persiapan diantaranya :

  1. Memilih nama bisnis yang akan Anda daftarkan
  2. Membuat deskripsi mengenai produk/layanan bisnis Anda.
  3. Menyiapkan logo bisnis
  4. Menyiapkan foto toko bisnis Anda, foto produk. Jika ada, siapkan foto bagian dalam ruangan dan foto dari luar ruangan tempat bisnis.
  5. Menyiapkan data bisnis seperti alamat lengkap, nomer telepon, jam buka.

Jika Anda sudah menyiapkan hal hal di atas, maka Anda tidak akan kesulitan saat pengisian data.

Cara Membuat Akun

Pertama, buka alamat www.google.com/business lalu login dengan menggunakan akun Gmail Anda.

Masukkan nama bisnis Anda. Persiapkan dengan baik, karena mengubah nama bisnis akan memerlukan peninjauan ulang yang membutuhkan waktu lama. Jika sudah, klik tombol Berikutnya.

Masukkan lagi nama bisnis Anda dan pilih kategori bisnis. Pada kategori bisnis ada banyak pilihan misalnya toko kue, toko pakaian, layanan internet marketing, dan sebagainya.

Anda akan ditanya, apakah Anda ingin menambahkan lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan? Klik Ya, lalu isi dengan alamat bisnis Anda secara lengkap. Nah, sebagian besar calon pembeli ingin mengetahui alamat lokasi sebelum melakukan transaksi. Tujuannya adalah untuk memperkirakan ongkos kirim. Jadi, sebaiknya Anda mencantumkan alamat lengkap pada profil bisnis Anda. Hal ini juga bertujuan untuk verifikasi.

Masukkan alamat bisnis Anda secara lengkap. Jika kolom yang tersedia dirasa masih kurang, Anda bisa klik Tambahkan Baris untuk menambah kolom baru.

Apakah Anda hanya melayani transaksi di wilayah tertentu saja, atau Anda melayani transaksi di luar wilayah Anda? Jika Anda melayani pembeli dari lokasi yang jauh, Anda bisa klik Ya.

Jika sebelumnya Anda menjawab Ya, maka sekarang Anda bisa menambahkan area layanan. Di sini Anda bisa mengisi misalnya nama desa lain, nama kabupaten lain, nama kota lain, dan sebagainya.

Di sini Anda diminta mengisi nomer telepon dan alamat website. Jika Anda tidak punya website, Anda bisa mengosongkannya. Untuk membuat website sebetulnya mudah, Anda bisa memanfaatkan layanan Google untuk memiliki website secara gratis, seperti

Selanjutnya Anda menunggu Google mengirimkan pin ke rumah Anda. Pin yang dikirimkan Google dalam bentuk surat dan didalamnya terdapat kode berisi 6 angka. Kode ini harus Anda masukkan di akun Google My Business sebagai verifikasi.

Bagaimana Cara Muncul di Google?

Tips agar profil bisnis Anda muncul pada pencarian di Google, caranya adalah bagikan link profil bisnis Anda kepada teman teman Anda melalui Whatsapp dan media sosial. Semakin banyak orang yang mengunjungi profil bisnis Anda dan meninggalkan komentar, maka profil bisnis Anda juga memiliki peluang semakin besar untuk muncul di Google.

Nah, demikian tips dan cara membuat akun Google My Business. Semoga bermanfaat.