Cara Menghitung 4000 Jam Tayang Youtube

Bagaimana cara menghitung dan mencapai 4000 jam tayang Youtube? Sekarang kan sudah ada kebijakan baru dari YouTube mengenai syarat monetisasi yaitu persyaratan harus punya 1000 subscribers dan jumlah minimal 4000 jam tayang waktu tonton video di channel dan bukan sekadar jumlah view saja. Youtube baru saja mengumumkan pedoman monetisasi baru dan banyak pemilik konten menjadi kecil hati dan kesal karena mereka sekarang harus memenuhi persyaratan ini. Jika Anda punya uang banyak dan ingin malas menunggu 1 tahun, Anda bisa menggunakan cara instan menyewa jasa 4000 jam tayang Youtube. Harganya memang cukup mahal tetapi sebanding dengan hasil yang Anda peroleh. Untuk memperoleh sesuatu yang ekspress tentu saja ada harga yang harus dibayar. Kalau Anda ingin melakukannya sendiri, Anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Berapa Target Jumlah Tayang Setiap Video?

Hari ini saya tidak akan berbicara tentang alasan mengapa aturan ini dibuat atau respons emosional oleh para pemilik chanel baru tentang perubahan ini. Saya akan berbicara tentang cara matematika yang dapat digunakan oleh pembuatan konten agar dapat mencapai 4.000 jam tayang di tahun berikutnya. Saya menggunakan logika sederhana dan saya menemukan perhitungan sebagai berikut. Jika jam tayang harus 4.000 jam dalam 1 tahun, berapa jumlah minimum video yang perlu saya buat tahun ini? Berapa banyak jumlah tayang pada setiap video? berapa lama durasi masing masing videonya? Saya tidak akan membahas masalah subsriber Youtube, karena saya pikir jika mengutamakan bagaimana cara mendapatkan 4.000 jam waktu tayang maka jumlah subscriber juga akan ikut serta.

Jadi, inilah hal-hal inilah yang saya dapatkan, bahwa 4.000 jam tayang sama dengan 240.000 menit. Kita juga tahu bahwa YouTube lebih suka video berdurasi 10 menit. Jadi 10 menit akan menjadi dasar untuk bagian dari diskusi kita. Mari kita mulai! Untuk mencapai 240.000 menit Waktu tonton yang dibutuhkan, Anda dapat membuat:

  • 240.000 video dalam 10 menit, dengan masing-masing mendapatkan 1 tampilan. Ini tidak mungkin.
  • 2.400 video dengan durasi 10 menit, masing-masing mendapatkan 10 penayangan. Ini juga tidak masuk akal.
  • 240 video dalam 10 menit, dengan masing-masing mendapatkan 100 kali dilihat.

Sekarang mari kita bahas. Meskipun hanya jumlah 100 penayangan pada setiap video akan terasa sulit didapat, kecuali setiap video yang dibuat adalah video berkualitas dengan gambar tuhumbnail yang menarik untuk diklik dan judul video yang search friendly, ini tidak akan terlalu sulit untuk mendapatkan banyak view pada setiap video. Pada dasarnya, jika Anda mengikuti tren sepanjang tahun dan membuat banyak video dengan topik How To, bersama dengan konten niche dan konten yang ingin Anda buat, saya melihat bahwa situasi ini yang sangat mungkin untuk dikejar. Jika Anda memiliki 240 video dengan durasi 10 menit dan masing masing video mendapatkan 100 view, berarti setiap video harus memiliki total 1.000 menit jam tayang yang setara dengan 16,5 jam.

Buatlah Banyak Video

Dengan memiliki 240 video dalam 1 tahun akan memberi kita tambahan 125 hari dalam setahun di mana video tidak diunggah. Ini berarti kita hanya membuat 1 video setiap 1,5 hari atau sekitar 5 video setiap minggu. Hanya 10 menit setiap video dan Anda masih bisa istirahat di akhir pekan. Tetapi untuk mengejar 100 tayang masih banyak yang perlu dikerjakan mulai dari merekam, mengedit, mengunggah dan kemudian mempromosikan video Anda di berbagai saluran.

Nah, bagaimana jika kita membuat 365 video dalam 1 tahun. Dengan durasi 10 menit, berarti Anda hanya perlu mendapatkan sekitar 66 penayangan di setiap video yang Anda unggah. Tapi bagaimana jika saya tunjukkan sesuatu yang lebih gila? Jika Anda menambah setiap video dengan tambahan 1 menit, maka Anda memiliki 365 video dimana masing-masing video menjadi berdurasi 11 menit. Sekarang Anda hanya perlu mendapatkan 60 tayang pada setiap video dan bukan 100 tayang seperti pada target awal. Belum punya video? Gunakan bantuan jasa pembuatan video karena bisa menghemat lebih banyak waktu Anda.

Bagaimana kalau kita naikkan targetnya? Jika durasi setiap video 20 menit setiap video hanya perlu mendapatkan 30 tayangan. Jadi pilihannya adalah memperbanyak jumlah video yang dibuat dalam 1 tahun atau meningkatkan durasi setiap video. Ini mengasumsikan bahwa jika setiap video yang Anda buat hanya berdurasi 10 menit, itu adalah target dasar. Tetapi kita melihat bahwa semakin banyak video yang Anda buat, maka semakin sedikit jumlah tayang yang Anda butuhkan pada setiap video.

Utamakan Membuat Video yang bagus

Jika Anda punya uang, maka cara instan adalah dengan menggunakan jasa 4000 jam tayang Youtube. Namun pada akhirnya, hal hal berikut adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Jenis video apa yang dapat Anda buat yang disukai banyak orang atau akan ditonton orang lain jika Anda membagikannya di tempat yang tepat?
  • Lihatlah data video Anda. Jika Anda memiliki video yang telah menerima 1.000 jam waktu tayang dalam rentang satu tahun, cari tahu apa yang membuatnya bisa mendapatkan 1000 jam tayang dengan sangat baik dan cobalah untuk menduplikasi caranya dan pemilihan jenis kontennya.
  • Temukan hal-hal yang belum dilirik orang, lakukan sesuatu yang unik. Ya, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
  • Pertimbangkan diversifikasi konten Anda.
  • Di atas segalanya, buatlah konten yang bagus. Terlalu banyak orang yang fokus pada angka dan tidak menyadari bahwa mungkin mereka masih perlu belajar cara membuat video yang bagus.

Nah, jadi kesimpulannya bahwa jika video Youtube Anda bagus dan menarik, berapapun jumlah video Anda maka akan mudah saja untuk mencapai target jumlah 4000 jam tayang.