Trik Jitu Cara Menjadi Penulis Buku Bagi Pemula.

Ternyata, cara menjadi penulis buku itu mudah. Baca di sini tips lengkap, semuanya akan saya kupas. Anda punya keinginan untuk menjadi penulis buku? Tapi bingung mulai darimana, bagaimana caranya dan apa yang harus anda lakukan. Saya akan membagikan pengalaman saya menulis 7 buku dalam 2 tahun.

Sebelum mulai menentukan topik, kenali dulu sebagian besar topik buku yang ada di pasaran. Ini untuk perbandingan mana jenis buku yang cocok untuk Anda tulis. Setelah anda menentukan topik apa yang ingin anda tulis, selanjutnya adalah membuat outline. Outline adalah kerangka tulisan secara keseluruhan.

Untuk membuat outline, Anda bisa menggunakan teknik mind mapping. Mind mapping adalah membuat peta dari hasil pemikiran. Teknik mind mapping juga bisa digunakan saat penulisan artikel, penulisan lagu, pembuatan skrip video, materi sebuah acara, dan sebagainya.

Bagaimanapun, buku adalah bagian dari sebuah bisnis, jika buku anda bisa terjual dalam jumlah banyak maka anda juga mendapatkan bayaran dalam jumlah besar. Itu artinya akan lebih baik jika anda menulis buku dengan topik yang diminati banyak orang. Tapi seimbangkan antara kemampuan dan pengetahuan Anda untuk menulis buku.

Mulailah Menulis Dari yang Paling Mudah

Sebelum mulai menulis buku, tentu hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah menentukan topik. Ada banyak sekali jenis buku berdasarkan tema dan topiknya. Lalu anda harus mulai darimana dan topik apa yang harus anda pilih?

Tentunya akan lebih mudah menulis buku dengan topik yang anda kuasai, atau setidak anda memiliki minat besar pada bidang itu. Misalnya pada saat ini anda ingin sekali belajar beternak ayam. Walaupun hanya skala kecil dimana anda hanya memelihara ayam satu dua ekor saja, Anda bisa menceritakan pengalaman anda mulai dari mencari bibit, harga bibit, jenis pakan yang digunakan, kemana menjual ayam yang sudah besar, keuntungan yang diperoleh, dan seterusnya.

Anda bisa menuliskan berupa kesimpulan kesimpulan dari pengalaman anda. Selama isi buku anda bisa bermanfaat bagi orang lain, itu artinya anda sudah memilih topik yang tepat. Misalnya jika Anda belum pernah menulis novel tapi ingin menulis novel, maka saya akan menyarankan Anda untuk menulis cerita pendek dulu, buku mni atau buku saku. Cerita cerita pendek juga bisa dijadikan buku dalam bentuk kumpulan cerita pendek.

Jika Anda sudah terbiasa menulis artikel di blog, saya rasa itu akan sangat membantu Anda untuk membuat tulisan yang lebih panjang seperti cerita pendek. Anda bisa ikut kursus menulis artikel online jika Anda belum punya pengalaman menulis artikel di blog atau website. Di sana Anda akan belajar teknik mind mapping untuk membuat outline atau kerangka tulisan.

Setelah Anda mahir menulis banyak cerita pendek, Anda bisa mulai menulis novel. Atau selama Anda menulis banyak cerita pendek, Anda bisa sambil mencicil menulis novel. Bagi pemula selalu disarankan untuk mulai mengerjakan dari yang paling mudah.

Alasannya, pemula biasanya memiliki harapan yang sangat tinggi, lupa mengukur kemampuan. Lalu di tengah proses pengerjaan, muncul bosan, lalu ditinggalkan. Jadi, sebaiknya kerjakan yang kecil kecil dulu sampai selesai. Anggap saja sebagai latihan sebelum mulai pekerjaan yang lebih besar.

Kenali Jenis Buku di Pasaran

Sebelum mulai menentukan topik, kenali dulu sebagian besar topik buku yang ada di pasaran. Ini untuk perbandingan mana jenis buku yang cocok untuk Anda tulis. Selanjutnya anda bisa menentukan topik apa yang bisa anda garap.

Saya akan membahas beberapa kategori buku yang dijual di pasaran. Ini bisa menjadi ide bagi anda sebelum memutuskan memilih topik mana yang akan anda tulis menjadi buku.

Fiksi

Fiksi adalah buku berisi cerita tentang hal yang tidak nyata. Ini bisa berupa khayalan, cerita karangan, angan angan, dan sejenisnya. Topiknya bisa apa saja, bisa cerita peperangan, cerita kungfu, cerita detektif, romantisme, dan masih banyak lagi hal yang bisa dijadikan ide cerita fiksi.

Satu hal yang pasti bahwa saat menulis cerita fiksi, anda harus betul2 tenggelam di dalamnya agar cerita anda memberikan kesan seolah cerita itu nyata. Jika pembaca merasa bahwa cerita anda seolah nyata,artinya anda berhasil menyihir pembaca.

Cerita anak

Cerita anak sebagian besar bertujuan untuk memberikan pendidikan di mana di dalamnya diselipkan pesan tentang pentingnya memiliki perilaku yang baik, atau pesan moral bahwa setiap perbuatan buruk akan mendapatkan ganjaran. Contoh cerita anak yang sukses adalah kisah bawang merah dan bawang putih.

Tetapi ada juga cerita anak yang bertujuan hanya untuk memberikan hiburan. Meskipun di dalamnya tetap diselipkan pesan tentang kebaikan namun hal itu samar samar. Di dalam cerita anak biasanya ditampilkan tokoh yang menjadi peran utama baik sebagai si jahat atau si baik.

Sehingga di dalam cerita anak biasanya disertakan ilustrasi tokoh agar pembaca lebih mudah membayangkan jalan cerita. Alasannya karena sebagian besar anak anak masih memiliki kosa kata yang terbatas, misalnya belum tahu seperti apa itu raksasa buto ijo, putri duyung, harimau, burung hantu, dan sebagainya.

Sehingga ilustrasi gambar bisa membantu pembaca untuk memahami siapa tokoh yang sedang dibicarakan dalam cerita. Cerita anak dibagi lagi menjadi beberapa jenis diantaranya, kisah binatang, dongeng, cerita rakyat, dan sebagainya.

Contoh cerita rakyat adalah kisah Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu karena durhaka kepada ibunya. Kisah binatang contohnya tentang si Kancing yang mencuri timun. Sedangkan contoh dongeng adalah raksasa Buto Ijo.

Panduan

Buku panduan adalah buku yang membimbing pembaca dalam memgerjakan sesuatu. Buku panduan dibagi ke dalam beberapa jenis sesuai bidangnya, diantaranya adalah kuliner, komputer, bahasa, pertanian, mesin, agama, dan sebagainya.

Sesuai bidangnya, buku panduan akan dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Buku panduan kuliner dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya masakan, kue, minuman. Kategori masakan dibagi menjadi masakan indonesia dan masakan luar negeri.

Nah, masakan indonesia juga bisa dibagi lagi berdasarkan wilayah atau suku, misalnya masakan sunda, masakan jawa. Begitu juga dengan buku panduan di bidang mesin, bisa dibagi lagi menjadi mesin motor, mesin mobil, mesin pabrik, dan sebagainya.

Kompilasi

Kompilasi adalah kumpulan dari suatu jenis topik yang sama. Contoh buku kompilasi misalnya kumpulan lagu lagu tahun 1970an, kumpulan resep tradisional, kumpulan humor lucu, kumpulan puisi terlaris, dan sebagainya. Berbagai hal menarik juga bisa anda kumpulkan kemudian anda susun menjadi buku.

Contoh ide untuk buku kompilasi misalnya kumpulan bentuk mug unik, kumpulan bentuk teko unik, kumpulan desain kaos distro. Untuk buku seperti ini anda membutuhkan banyak sekali gambar untuk dikumpulkan. Karena sebagian besar gambarnya kemungkinan diambil dari internet, maka anda wajib mencantumkan sumbernya.

Sebaiknya mengambil gambar dari situs besar atau situs yang sudah memiliki kredibilitas misalnya Wikipedia, Shutterstock, Flickr, dan sebagainya.

Resep

Resep merupakan jenis buku yang laris di pasaran hingga kini. Memasak menjadi bagian kegiatan sehari hari, dimana mana, baik itu hobi maupun sebagai profesi. Betul, bahwa sejak kehadiran internet maka berbagai resep bisa didapatkan dengan mudah dari berbagai situs.

Tapi jangan kecil hati karena buku masih menjadi pilihan utama bagi kalangan tertentu dibanding mencari resep di internet. Buku dianggap sebagai barang eksklusif. Justru, anda harus memanfaatkan internet sebagai alat untuk memasarkan buku anda.

Anda bisa membuat ulasan tentang buku anda di Facebook, di Instagram, di TikTok, di Youtube, di forum, dan sebagainya. Pilihlah resep yang unik atau spesifik misalnya aneka resep soto nusantara, dimana pembaca bisa menemukan semua resep dari berbagai wilayah di Indonesia dalam satu buku.

Tentu saja pembaca akan merasa dimudahkan karena tidak perlu mengumpulkan satu persatu resep sotoyang ada di nusantara. Walaupun ada internet tapi tidak semua orang serajin itu. Artinya ini bisa menjadi peluang bisnis bagi anda dengan menerbitkan sebuah buku.

Sebuah buku akan disukai jika isinya dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Menulis buku yang menghibur juga termasuk memberikan manfaat bagi orang lain.

Sejarah

Jika anda memiliki pengetahuan di bidang sejarah, tentu akan sangat membantu bagi anda untuk menulis buku sejarah. Sebagian besar sejarawan menulis buku sebagai catatan untuk berbagi pengetahuan mereka. Tetapi bagaimana jika anda bukan sejarawan? Tentu saja anda masih bisa menulis buku.

Anda bisa berangkat dari apa yang ingin diketahui banyak orang, kemudian anda mengumpulkan data datanya lalu anda sajikan dalam bentuk sebuah buku. Contoh, orang yang lahir di jakarta dan jika orang tua mereka lahir di jakarta juga, mengklaim sebagai orang Betawi.

Lalu bagaimana sejarahnya suku Betawi itu sendiri di Jakarta? Anda bisa mulai menelusuri di internet, kemudian mencari buku buku di perpustakaan nasional yang mengulas sejarah orang betawi, lalu melakukan wawancara kepada orang orang betawi. Ini akan menjadi buku yang menarik bagi banyak orang untul membeli.

Untuk menulis buku sejarah lainnya, anda bisa mengangkat topik misalnya tempat tempat bersejarah di suatu wilayah misalnya indonesia. Jika Indonesia terlalu luas, anda bisa mengangkat topik terhadap wilayah yang lebih kecil, misalnya Jakarta.

Anda bisa mengunjungi bangunan bersejarah di jakarta, makanan tradisional di jakarta, budaya setempat, dan seterusnya. Dari setiap sisi masih banyak yang bisa digali lebih dalam lagu. Satu contoh kecil roti buaya sebagai makanan tradisional betawi, ternyata memiliki sejarah yang unik.

Roti buaya biasanya hadir hanya ketika acara lamaran pernikahan berlangsung. Anda juga bisa mengulas dari lingkup terkecil misalnya alat musik betawi seperti cokek yang secara fisik dan bunyi mirip dengan biola. Anda bisa mengupas tentang sejarah bagaimana cokek berawal hingga menjadi alat musik pengiring dalam berbagai kesenian betawi seperti lenong.

Wisata

Buku perjalanan wisata juga merupakan salah satu jenis buku yang laku dijual. Jika anda menyukai perjalanan ke berbagai daerah atau negara, maka anda bisa menuangkan catatan perjalanan anda ke dalam buku. Tentu saja anda perlu menambahkan foto foto untuk mendukung tulisan anda.

Buku berisi catatan perjalanan bisa membantu pembaca untuk mengetahui lokasi mana saja yang bisa dikunjungi pada suatu wilayah, rute mana saja yang aman dan bisa dilewati, kendaraan apa saja yang tersedia dan bisa digunakan atau disarankan, berapa lama jarak tempuh, dan sebagainya.

Ini membantu banyak pembaca untuk agar tidak tersesat, Hal seperti ini nampak hanya sebagai sebuah buku, tetapi anda sebetulnya memberi manfaat bagi banyak orang, siapapun, orang orang yang sebagian besar tidak anda kenal sebelumnya.

Cara Membuat Outline

Setelah anda menentukan topik apa yang ingin anda tulis, selanjutnya adalah membuat outline. Outline adalah kerangka tulisan secara keseluruhan. Jika diibaratkan sebuah perjalanan maka outline adalah daftar berisi catatan apa saja yang harus anda lakukan. Mulai dari persiapan barang apa saja yang harus dibawa, berapa uang yang harus dipersiapkan untuk pengeluaran selama perjalanan, kendaraan yang akan gunakan, rute perjalanan, dimana anda akan menginap, dan seterusnya. Anda harus mencatatnya secara rinci.

Teknik Mind Mapping

Untuk membuat outline, Anda bisa menggunakan teknik mind mapping (membuat peta pikiran). Mind mapping adalah membuat peta dari hasil pemikiran. Tuliskan apapun semua yang ada di dalam pikiran Anda, bentuknya memang hanya berupa tulisan coret coretan. Setelah selesai menumpahkan semua ide dari dalam pikiran Anda, Anda bisa menyunting di sana sini dengan mengubah susunan, menambahkan maupun mengurangi agar menjadi sebuah daftar. Daftar inilah yang akan akan dijadikan outline.

Latihan Teknik Mind Mapping

Teknik mind mapping bisa digunakan dalam banyak hal, termasuk dalam pembuatan outline. Teknik mind mapping juga bisa digunakan saat menulis artikel, penulisan lagu, pembuatan skrip video, materi sebuah acara, dan sebagainya.

Teknik mind mapping sebetulnya hanya istilah, tetapi prakteknya sangat sederhana. Di sini saya akan memberikan contoh latihan mind  mapping. Contohnya, ambil sebuah benda misalnya gelas, pegang baik baik.

  • Tulis di kertas, apa yang ingin Anda tulis tentang gelas tersebut. Misalnya, “Sejarah Gelas”.
  • Tulis lagi di kertas, apa yang terlintas di dalam pikiran Anda selanjutnya. Misalnya, “Cara membuat gelas?”
  • Karena Anda menuliskan kata “sejarah” itu artinya Anda akan membahas perbedaan cara membuat gelas di jaman dahulu dengan cara membuat gelas di jaman sekarang, pasti ada bedanya. Nah, Anda sudah mendapatkan 2 buah ide yaitu “Cara pembuatan gelas jaman dahulu” dan “cara pembuatan gelas jaman sekarang”, tulis lagi di kertas.
  • Gelas tersebut sedang Anda pegang baik baik di tangan Anda. Apakah terlintas di dalam pikiran Anda, apa sih bahan yang digunakan? Tulis di kertas, “Bahan untuk membuat gelas.”
  • Coba ingat ingat, sejak kecil sampai sekarang, apakah Anda bentuk gelas selalu sama? Tidak. Tuliskan lagi di kertas, “Aneka bentuk gelas.”
  • Coba ingat lagi, saat Anda minum kopi dan minum es, gelas yang digunakan tidak pernah sama. Gelas untuk kopi menggunakan cangkir, sedangkan gelas untuk minum jus menggunakan gelas tinggi. Anda juga pernah melihat, gelas untuk wine juga menggunakan gelas dengan bentuk berbeda. Tuliskan lagi di kertas, “Bentuk gelas berdasarkan fungsinya.”

Dari hasil latihan mind map, Anda sudah mendapatkan ide pikiran. Anda hanya tinggal mengembangkan maupun menyunting dengan menambahkan atau mengurangi di sana sini.

  • Cara membuat gelas
  • Cara pembuatan gelas jaman dahulu
  • Cara pembuatan gelas jaman sekarang
  • Bahan untuk membuat gelas
  • Aneka bentuk gelas
  • Bentuk gelas berdasarkan fungsinya

Garis Besar

Bagaimanapun, buku adalah bagian dari sebuah bisnis, dalam hal ini bisnis pemilik percetakan dan penerbit buku. Demikian halnya dengan Anda, jika buku anda bisa terjual dalam jumlah banyak maka anda juga mendapatkan bayaran dalam jumlah besar.

Itu artinya akan lebih baik jika anda menulis buku dengan topik yang diminati banyak orang. Tapi seimbangkan antara kemampuan dan pengetahuan Anda untuk menulis buku. Lebih baik menulis buku mini tapi selesai daripada menulis novel tapi tidak pernah selesai. Karena untuk mencapai kesuksesan besar, Anda butuh kesuksesan kecil sebagai penyemangat.

Bagaimana cara mengetahui buku apa yang paling banyak peminatnya? Bergabunglah ke dalam grup grup di Facebook, misalnya grup pertanian. grup travelling, grup masak, dan sebagainya. Anda juga bisa bergabung ke forum seperti Kaskus dan situs diskusi seperti Quora. Perbanyak membaca di sana. Pelajari apa saja topik yang paling sering dibicarakan orang, masalah apa saja yang sering dihadapi banyak orang, dan sebagainya. Dari situ Anda bisa membuat panduan, solusi, hiburan, kompilasi, dalam bentuk buku.