Teknik Funneling Strategi Brand Awareness dan Meningkatkan Sales

Keunggulan strategi funneling adalah bisa dijalankan dengan biaya sangat murah untuk usaha kecil tetapi memberikan keuntungan jangka panjang. Sebetulnya teknik funneling itu tidak serumit yang dibayangkan banyak orang. Hanya saja ketika funneling menggunakan media yang berbeda dengan tujuan yang berbeda, maka funneling mejadi terkesan rumit.

Hal yang membuat funneling terkesan rumit bukan tekniknya melainkan tahap tahapnya terutama jika diminta data pengukuran seberapa efektifnya strategi funneling yang ditawarkan. Hal ini biasanya jika dilakukan oleh sebuah agensi dengan biaya besar. Karena klien pasti minta laporan secara detil mulai dari siapa saja audiens, usia berapa, profesinya apa, jumlah leads berapa, dan seterusnya. Kalau untuk usaha kecil, pakai email marketing saja juga sudah cukup.

Apa itu Funneling

Saya pernah membaca istilah tentang funneling sekitar 5 tahun yang lalu, kemudian saya cari di Google. Jujur saja, saya malah bingung menerjemahkan apa itu teknik funneling dalam bentuk yang sederhana. Karena situs situs yang membahas funneling, pembahasannya rumit. Sampai suatu ketika saya membaca sebuah tulisan di sebuah situs, bahwa funneling ibarat sebuah corong atau piramida terbalik. Dari situ saya mulai paham.

Secara sederhana, funneling bisa diterjemahkan sebagai strategi pemasaran dengan cara mengumpulkan massa untuk kemudian diprospek untuk menyampaikan pesan dari kampanye yang kita jalankan. Kira kira begitu cara kerja sederhananya.

Ternyata penerapan funneling itu ada banyak sekali, tergantung alasan, tujuan, saluran, dan sebagainya. Saya ambil contoh yang paling sederhana. Pada saat musim kampanye politik, biasanya ada tim sukses yang membagikan selebaran ke rumah rumah atau orang orang yang ditemui di jalan. Selebaran itu isinya adalah berita tentang pembagian sembako gratis dengan lokasi misalnya di lapangan bola di wilayah itu.

Pada hari yang ditentukan, berbondong bondong orang datang ke lokasi. Di lokasi biasanya ada panggung dan pengeras suara untuk berorasi menyampaikan visi dan misi dari partai yang menyelenggarakan acara tersebut. Setelah orasi disampaikan, kemudian panitia membagikan sembako. Ini juga termasuk bagian dari funneling.

Paham sampai sini? Jadi, funneling adalah strategi untuk mengumpulkan orang sebanyak banyaknya ke suatu tempat, untuk kemudian diprospek. Alasannya karena suatu pesan hanya bekerja secara efektif jika disampaikan kepada massa dan jumlah massanya ada banyak.

Funneling Cara Mempromosikan Usaha Kecil

Funneling bisa menjadi solusi cara mempromosikan usaha kecil. Usaha kecil lebih banyak yang memilih menggunakan metode pemasaran organik. Memang, tidak ada teknik pemasaran yang dapat menjamin akan terjadi penjualan. Tetapi jika strateginya benar, tentu saja akan terjadi penjualan. Sayangnya banyak usaha kecil yang takut keluar biaya pemasaran termasuk membayar biaya jasa seo untuk menjalankan promosi.

Jadi, teknik pemasaran lainnya mungkin bisa menjadi alternatif dimana biaya lebih murah, resiko rendah tapi membutuhkan waktu lebih lama. Untuk mengumpulkan audiens dalam jumlah banyak tentu saja butuh waktu lebih lama. Ingin mengumpulkan audiens dengan cara cepat? Ya, pasti ada biaya ekstra, misalnya menggunakan facebook ads.

Funelling Solusi Menjalankan Strategi Pemasaran Biaya Rendah

Funelling juga bisa menjadi solusi untuk menjalankan strategi pemasaran dengan biaya rendah. Contoh begini, misalnya Anda menjual bawang goreng dan Anda ingin mendapatkan pembeli dari berbagai wilayah di Indonesia. Sedangkan anggaran pemasaran Anda sangat rendah atau bahkan bisa dibilang cuma cukup buat beli nasi bungkus sehari hari. Tapi Anda punya keahlian membuat blog meskipun hanya blog gratisan.

Nah, Anda bisa membuat blog misalnya kumpulan aneka resep masakan. Di blog tersebut Anda promosikan bahwa Anda membagikan ebook berisi kumpulan aneka resep masakan. Syaratnya, hanya perlu begabung ke grup Whatasapp. Ketika orang orang sudah bergabung di Whatsapp, dan jumlahnya terus meningkat, artinya Anda sudah punya massa yang siap Anda prospek untuk Anda tawarkan bawang goreng. Jangan lupa, bahwa orang orang yang suka masak pasti butuh bawang goreng. Anda juga bisa menawarkan kebutuhan lainnya misal minyak bawang, bumbul kaldu instant tanpa MSG, dan seterusnya.

Di era internet, saluran dan cara yang bisa digunakan untuk funneling lebih banyak lagi. Contohnya, Anda bisa menjalankan facebook marketing meskipun hanya organik. Caranya, Anda membuat fanpage, lalu undang teman teman Anda untuk follow fanpage Anda. Update konten setiap hari agar jangkauannya lebih luas. Jika sudah dirasa cukup, Anda bisa prospek audiens Anda. Saya sudah menulis caranya di buku Penjajah Facebook. Di dalamnya sudah termasuk bagaimana cara mendapatkan konten yang menarik.

Funneling Strategi Pemasaran yang Efektif

Funneling merupakan strategi pemasaran yang efektif. Kenapa disebut efektif? Karena audiens yang tidak tertarget dengan sendirinya akan minggir. Begini, misalnya Anda membuat fanpage otomotif lalu tidak sengaja ada penggemar masakan yang follow fanpage Anda.

Karena setiap hari Anda berbagi informasi hanya seputar otomotif, dengan sendirinya follower yang tidak suka otomotif akan unfollow. Dengan cara update konten secara konsisten saja Anda secara tidak langsung sudah melakukan filtering terhadap audiens yang bukan target Anda.

Ingat pembahasan saya di atas, bahwa funneling adalah dengan mengumpulkan audiens ke satu tempat. Kemudian, Anda bisa update konten secara rutin, tujuannya agar audiens Anda tidak lari ke tempat lain. Ini merupakan bagian dari kegiatan pemeliharaan terhadap aset Anda. Tapi kegiatan ini juga memberikan keuntungan lainnya, dimana audiens Anda mulai mengingat pesan yang Anda sampaikan.

Ibaratnya begini, setiap hari Anda mengirimkan pesan “Jangan gunakan MSG”. Karena pesan ini dikirim terus secara berulang ulang, apalagi disertai dengan berbagai fakta yang disajikan secara menarik, maka perlahan audiens Anda akan mengikuti perintah Anda, cepat atau lambat.

Funneling Cara Meningkatkan Brand Awareness

Teknik funneling juga bisa digunakan untuk tujuan meningkatkan brand awareness.